Bolu Gulung Ekonomis Selai Kacang co*klat (2024)

Bolu Gulung Ekonomis Selai Kacang co*klat (1)


Hari ini itu sebenarnya maju mundur buat bolu gulung ini, soalnya belum pernah coba sekali pun buat bolu gulung, bisa tidak ya.. was-was takut gagal. Secara proses menggulungnya itu kan buat saya berpikir kemungkinan yang terburuk, bolu gulungnya pecah.

Nah kepikirannya sih waktu beli loyang kemarin itu adalah kapan-kapan mencoba membuat bolu gulung, masak sih belum pernah membuat bolu gulung, begitu kata saya dalam hati. Kebetulan memang sih lihat ada loyang di toko bahan kue langganan, Aneka Rasa yang ada di dekat rumah. Hmmm lantas saya beli saja deh, siapa tahu mood kan tinggal buat tuh si bolu gulung.

Eh kemarin malamnya browsing cari-cari resep bolu gulung yang simpel, hmmm tertambat dengan resep bolu gulungnya mba Tintin Rayner, ah coba yang ini saja, bahannya tidak begitu banyak, telurnya juga hanya 6, hitung-hitung kalau gagal kan tidak begitu membuat kecewa.

Jadi tadi itu habis masak masih juga maju mundur buat tidak ya, semua bahan sih ada di dapur, tinggal buat saja. Akhirnya memberanikan diri dan membuang rasa malas dan rasa takut gagal, segera eksekusi, dan tada... saya berhasil kakak.. duh senangnya, apalagi ketika sudah dicicipi rasanya, enak...enak.. terima kasih resepnya mba Tintin.. lain kali ingin coba resep black forest gulungnya juga he he he.

Nah tadinya saya itu mau gunakan kalau tidak selai nanas ya selai blueberry, ealah ternyata Sophie maunya selai kacang co*klat, ya sudahlah walaupun menurut feeling saya kok enak kalau pakai selai buah ya.. lain kali saja saya coba pakai selai buah.

Tadi Sophie ikutan membantu mengoleskan selai di bolu gulung ini, wah bahagia sekali dia, apalagi ketika diberi satu potong, mmmm enak begitu katanya.

Oh iya bolu gulung ini membuatnya menggunakan metode all in ya, jadi semua bahan kecuali butter/margarin cair dikoco*k sampai kental berjejak, jadi ingat

bolu jerman

kalau begini. Kalau mengoco*k metode begini lama euy kalau pakai mixer saya he he he, lumayan pegal apalagi mixer saya itu yang hand mixer bukan yang standing, jadi kebayang kan pegalnya, jadi setelah selesai proses pengoco*kan tangan ini masih bergetar ha ha ha...

Nah maaf ya, kali ini tanpa proses step by step karena baru pertama kali buat jadi masih ketar ketir jadi boro-boro bawa kamera ke dapur. Lain kali ya kalau saya buat lagi saya usahakan ada step by stepnya. Kalau mau lihat foto langkah-langkahnya boleh mampir ke

cookpadnya mba Tintin Rayner

ya..

Okeh deh, berikut resep bolu gulung yang saya buat kali ini ya, dengan sedikit modifikasi saja.. ini dia, silakan...

Bolu Gulung Ekonomis Selai Kacang co*klat

Bahan :

  • 6 butir telur utuh
  • 90 gr gula pasir
  • 70 gr tepung terigu protein sedang, bisa merk segitiga biru atau bola salju atau merk lainnya
  • 10 gr tepung maizena
  • 10 gr susu bubuk
  • 1 1/2 sendok teh emulsifier, bisa SP atau TBM atau ovalet
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 120 gr butter (saya gunakan blueband cake n cookie), lelehkan (jangan sampai mendidih, cukup gunakan api sangat kecil, sambil sesekali panci diangkat supaya tidak terlalu panas) kemudian diamkan sampai mencapai suhu ruang baru gunakan
  • 2 sendok teh co*klat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas (atau gunakan pasta co*klat)

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang bolu gulung (saya gunakan loyang ukuran 27cmx32cmx3cm), mba Tintin gunakan ukuran 24cm, olesi dengan margarin/butter, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin/butter berikut dengan sisi-sisi loyang
  2. Koco*k semua bahan kecuali butter leleh sampai mengembang, kental berjejak, kurang lebih selama 15-20 menit (itu mixer saya, beda merk bisa berbeda waktu mengoco*k), matikan mixer, ambil kurang lebih 2 sendok sayur adonan, masukkan ke wadah berisi butter leleh, aduk hingga rata, tuangkan campuran ini ke dalam adonan, aduk pakai spatula
  3. Ambil 2-3 sendok makan adonan, campur dengan pasta co*klat atau larutan co*klat, aduk rata, masukkan ke dalam kantong segitiga
  4. Tuangkan adonan putih ke dalam loyang, ketuk loyang perlahan untuk membuang udara terjebak, lubangi kantong segitiga kurang lebih 3mm, buat motif dengan membentuk garis lurus diagonal, kemudian dengan sumpit tarik motif.
  5. Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu di suhu 190 derajat celcius, panggang selama kurang lebih 15-20 menit, tergantung oven masing-masing, tapi perhatikan jangan sampai overbaked ya. Jika permukaan sudah keco*klatan muda, dan permukaan jika disentuh sudah membal menul-menul, dan bagian tepi sudah mulai keco*klatan, segera keluarkan dari oven.
  6. Diamkan kurang lebih selama 5 menit (catatan : bolu yang saya buat ini ketika agak dingin agak turun tapi tidak begitu signifikan)
  7. sem*ntara itu siapkan plastik wrap, letakkan di meja atau alas yang lebih besar dari ukuran cake, balikkan cake ke meja atau alas, lepaskan perlahan kertas rotinya, hangat-hangat olesi dengan selai, gulung perlahan sambil sedikit dipadatkan, biarkan beberapa waktu dalam kondisi tergulung, kurang lebih selama 5-10 menit.
  8. Buka plastik wrap dan potong sesuai selera

Nah semoga resep bolu gulung ekonomis 6 telur ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga coco*k dengan selera ya..

Selamat mencoba...

Bolu Gulung Ekonomis Selai Kacang co*klat (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Wyatt Volkman LLD

Last Updated:

Views: 5880

Rating: 4.6 / 5 (66 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Wyatt Volkman LLD

Birthday: 1992-02-16

Address: Suite 851 78549 Lubowitz Well, Wardside, TX 98080-8615

Phone: +67618977178100

Job: Manufacturing Director

Hobby: Running, Mountaineering, Inline skating, Writing, Baton twirling, Computer programming, Stone skipping

Introduction: My name is Wyatt Volkman LLD, I am a handsome, rich, comfortable, lively, zealous, graceful, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.